Kawasan Ancol masih menjadi salah satu objek wisata favorit yang ada di Jakarta. Tempatnya yang mudah diakses, juga karena pilihan objek wisatanya yang beragam. Mulai dari pantai, Dunia Fantasi, Atlantis hingga Sea World. Semua tempat-tempat tersebut sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Agar liburan di Ancol terasa lebih menyenangkan, pilihan menginap di kawasan Ancol bisa menjadi pertimbangan. Keuntungannya, selain bisa menikmati berbagai wahana sejak pagi di saat pengunjung belum ramai, hingga kita bisa menikmati suasana Ancol di siang dan malam hari.

Ada tiga pilihan hotel yang bisa menjadi pilihan di kawasan Ancol, yaitu Hotel Discovery (sebelah Dunia Fantasi),  Mercure Convention Center Ancol  (dekat Atlantis), Putri Duyung Cottage.

Di tulisan ini kami hanya akan membahas dua hotel yaitu Discovery Hotel Ancol dan Mercure Convention Center Ancol. Karena kami belum memiliki pengalaman langsung menginap di Putri Duyung Cottage.

Untuk Anda yang punya pengalaman menginap di Putri Duyung Cottage, dan berniat membagikannya untuk pembaca Libooran.id, sila menghubungi melalui email info@libooran.id.

Mercure Convention Center Ancol 

Ini menjadi hotel yang paling sering kami tempati menginap jika sedang di Ancol. Terakhir kali kami menginap saat Desember 2019 lalu. Sayangnya ada beberapa penurunan layanan dibandingkan Hotel Mercure Ancol beberapa tahun sebelumnya.

Kami pertama kali menginap di Ancol pada tahun 2012, pada saat itu pilihannya hanya Mercure Convention Center Ancol  dan Putri Duyung Cottage. Kami memutuskan untuk menginap di Mercure. Saat itu kami memilih kamar dengan pemandangan kota.

Pengalaman menginap ini menjadi pertimbangan bagi kami di liburan selanjutnya untuk memilih kamar dengan pemandangan samudera. Dan ternyata walaupun selisihnya agak besar, namun menginap di kamar dengan balkon dan pemandangan samudera memberikan sensasi tersendiri. Sensational and breathtaking….. saat melihat sunset dari balkon kamar, indaaah sekali! Pemandangan samudera saat malam hari juga tak kalah menariknya, apalagi saat terlihat kapal yang sedang hilir mudik di tengah samudera.

Pantai Ancol menjadi halaman belakang Hotel Mercure Ancol. Sehingga, jika ingin bermain-main di pantai, tinggal berjalan ke belakang atau samping hotel saja sudah sampai. Sayangnya, pantai Ancol yang ada di samping Mercure Ancol bukanlah kawasan pantai yang terbaik karena airnya yang tidak bersih.

Kini persis di belakang Mercure Ancol terdapat bangunan baru yaitu Jet Ski Academy Ancol.

Mercure menawarkan banyak fasilitas dan kegiatan untuk anak-anak. Jika datang saat weekend apalagi liburan anak sekolah, Mercure mengadakan acara cooking class, face painting dll. Playground yang tersedia juga cukup luas. Di sana terdapat arena mandi bola berukuran kecil, peralatan melukis, nail painting dan beberapa mainan yang cukup banyak.

Di musim liburan mereka juga kerap mengadakan kontes kecil-kecilan untuk anak-anak yang menginap. Seperti saat kami mengikuti kontes membuat boneka salju dari kaos kaki.

Menurut saya, kolam renang di Mercure sangat menyenangkan. Di sana ada tiga kolam renang yaitu kolam renang anak dengan kedalaman 50 cm, kolam renang tanggung dengan wahana perosotan yang tinggi, dan kolam renang dewasa. Selain luas, kolam renang ini bisa dinikmati usia berapapun dengan nyaman dan aman, karena ketiganya terpisah.

Seperti kebanyakan hotel Mercure lainnya, buffet saat sarapan di Mercure Ancol ini pun mempunyai variasi yang sangat beragam dan enak. Mecure memang tidak pernah mengecewakan tamunya soal makanan. Sepertinya kami tidak mendapatkan kesan negatif ketika menginap di hotel ini, itulah sebabnya Hotel Mercure selalu menjadi pilihan utama saat berlibur ke Ancol.

Apalagi ketika kami menginap yang ketiga kalinya, hotel ini sudah berbenah dan direnovasi, sehingga interior kamarnya jadi modern, minimalis dan lebih elegan.

Hotel Discovery Ancol

Pada suatu musim liburan (kalau tidak salah tahun 2015), kami tidak merencanakan untuk berlibur ke Ancol. Namun, niat itu tiba-tiba berubah sehingga kami tidak mendapat kamar di Hotel Mercure Ancol. Pada saat itu Hotel Discovery baru setahun beroperasi, akhirnya kami memutuskan untuk mencoba menginap di hotel ini.

Menurut saya pilihan hotel ini sangat tepat jika mau menghabiskan waktu di Dunia Fantasi, karena hotel ini persis di sebelah Dufan. Bahkan bagian dalam Dufan bisa terlihat dari jendela kamar kami. Salah satu hal yang menyenangkan ketika menginap di sana yaitu saat kegiatan di kolam renang. Petugas hotel membuat semacam permainan dengan hadiah voucher, sehingga anak-anak menjadi antusias. Kolam renang di hotel ini sangat luas dan ada wahana permainannya (perosotan kecil, ember air gantung).

Discovery Ancol juga menyediakan tempat bermain untuk anak-anak. Walau tidak begitu luas, anak-anak yang ingin beraktifitas di dalam ruangan bisa terakomodir di tempat ini.

Punya pengalaman wisata keluarga yang lebih seru? Jangan simpan sendiri kenanganmu.. bagikan ceritamu ke banyak pembaca Libooran.id. Hubungi redaksi Libooran di info@libooran.id