Ancol sejak dulu sudah menjadi salah satu tujuan wisata favorit warga Jakarta dan sekitarnya. Ini karena selain tiket masuk Ancol yang relatif terjangkau, juga merupakan salah satu objek wisata yang sangat dekat. Sehingga pengunjung tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di jalan seperti layaknya jika liburan ke puncak.

Lalu seperti apa wisata keluarga di Ancol? Tulisan ini merupakan mengalaman kami liburan di Ancol, tidak hanya menikmati pantai Ancol di siang atau sore hari. Tetapi kami menginap di Ancol dan benar-benar menikmati berbagai objek wisata yang ada di Ancol.

Kita bisa memadukan antara liburan di hotel dan di sekitar Ancol. Hotel-hotel di Ancol biasanya memiliki tempat bermain termasuk kolam renang yang ramah anak.

Untuk Anda yang ingin mencari alternatif tempat menginap di Ancol, bisa membaca tulisan Pilihan Hotel di Kawasan Ancol

Mengenal Jenis Pantai di Ancol

Secara umum objek wisata utama Ancol adalah kawasan pantainya. Tidak ada tiket masuk khusus untuk ke setiap pantai. Kita hanya harus membayar di loket gerbang Ancol sebesar Rp. 25.000/orang.

Terdapat enam pantai utama di kawasan ini, adalah Pantai Carnaval, Pantai Festival, Pantai Ria, Pantai Bende, Pantai Beach Pool, Pantai Lagoon, dan Pantai Marina. Ada satu pantai lagi yaitu pantai yang berada tepat di belakang Ancol Mall. Selain keenam pantai tersebut, terdapat juga Danau Monumen.

Setiap pantai di Ancol memiliki karakteristik berbeda-beda. Pantai Ria Ancol misalnya didominasi permainan anak, tetapi tidak ada tempat untuk berenang di pantai. Sedangkan untuk berenang bisa dilakukan di Pantai Beach Pool.

Wisata Ke Dufan / Atlantis / Sea World

Selain objek wisata pantai, Ancol juga memiliki objek wisata berbayar. Dunia Fantasi, Atlantis, Sea World tentu sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Untuk Anda yang ingin ke objek wisata tersebut, pastikan untuk meluangkan waktu seharian.

Dufan, walau mayoritas wahananya untuk usia remaja, tetapi sejumlah wahana untuk anak-anak juga tetap tersedia. Datang di musim liburan juga punya keuntungan karena akan ada beberapa pertunjukan tambahan dari Dufan. Walaupun tentu saja lebih ramai dan antrian setiap wahana menjadi lebih lama.

Selain pantai dan objek wisata berbayar, Ancol juga kerap mengadakan sejumlah event tertentu. Salah satu spot wisata paling baru di Ancol adalah Symphony Of The Sea Ancol. Symphony of The Sea adalah sebuah area di tepi pantai seluas 51.000 meter persegi. Tempat ini memiliki karakteristik banyak batu-batuan.

Punya pengalaman wisata keluarga yang lebih seru? Jangan simpan sendiri kenanganmu.. bagikan ceritamu ke banyak pembaca Libooran.id. Hubungi redaksi Libooran di info@libooran.id